Tips & Trik Meningkatkan Omset Penjualan

  Meningkatkan omset penjualan merupakan target bagi semua pebisnis. Karena dengan meningkatnya produk atau jasa yang terjual, menandakan bahwa bisnis berjalan pada rel yang tepat. Tetapi, seperti yang kita ketahui sebagai pengusaha terkadang omset bisa naik dan turun yang mungkin disebabkan oleh banyak faktor saat menjalankannya. Hal ini bukan hanya terjadi pada pengusaha kecil, tapi juga terjadi pada perusahaan-perusahaan besar. Berikut ini, KnokKnok akan berbagi tips dan trik meningkatkan omset penjualan baik secara online mau pun offline. Yuk simak tips dan trik nya!

1. Inovasi Produk 

Apapaun produk atau jasa yang Anda jual, selalu mawas diri dan lirik competitor Anda agar produk dan jasa yang Anda jalankan bisa terus berinovasi dan mengikuti perkembangan jaman yang selalu berkembang dengan pesat.

Inovasi produk akan meredam kebosanan market dan membuat mereka lebih tertarik dengan produk atau jasa kita. Terus bereksplorasi agar bisnis kita bisa terus bertahan dan berkembang.

2. Memperbanyak pintu penjualan

Apapaun bisnis Anda, baik offline atau online. Lebarkan sayap untuk memperbanyak pintu penjualan. Jika bisnis Anda adalah kuliner offline, Anda bisa membuka cabang di tempat yang potensial, juga memanfaatkan dunia online untuk media promosi. Jika Anda bermain di bisnis online, maka manfaatkan semua sosial media, marketplace, dan mesin pencari yang potensial agar produk atau jasa anda eksis dimana-mana. Semakin banyak anda menyebar jarring, semakin banyak ikan yang anda dapatkan.

Salah satu cara membuka pintu penjualan yang besar adalah dengan mengumpulkan reseller sebagai team penjualan. Karena dengan adanya reseller, akan memudahkan kita mencapai faktor yang berlipat ganda.

3. Promosi yang matang

Anda harus jeli melihat kapan market Anda memiliki uang, kapan hari-hari yang tepat untuk promosi dan apa saja yang dibutuhkan saat promosi. Dengan mengetahui semuanya, maka promosi Anda tidak akan sia-sia dan menghasilkan penjualan yang melejit pada hari anda melakukan promosi.

4. Membuat Small Circle

Berteman dengan teman yang sevibrasi akan membantu anda dalam meningkatkan omset. Karena 5 penghasilan kawan terdekat Anda akan mencerminkan penghasilan Anda.

Buatlah group khusus sharing dengan 5  7 orang didalamnya. Lakukan pertemuan rutin offline (jangan online saja) untuk brainstorming. Dan anggota tersebut juga harus positif dan memikiki visi yang sama dengan Anda, karena dengan begitu, bertukar pikiran akan lebih asik serta antara satu dan yang lainnya bisa saling mencerahkan atas suatu masalah bisnisnya masing-masing.

5. Berikan Pelayanan Terbaik

Apa yang ada dalam pikiran anda ketika Anda ingin membeli suatu produk? Tentunya kita ingin info yang detail tentang harga, kualitas produk, spesifikasi, garansi dan yang lainnya.

Semua customer pada dasarnya adalah sama. Mereka sama-sama ingin membeli produk Anda karena ingin memenuhi kebutuhannya. Mereka ingin mendapatkan hak pelayanan terbaik. Jika mereka merasa dikecewakan, bisa jadi mereka akan menjadi orang yang akan menjatuhkan nama baik perusahaan Anda. Mereka akan dengan mudah menjelek-jelekkan produk anda di depan orang banyak.

Untuk itu, meningkatan kualitas pelayanan menjadi hal nomor satu. Setiap pengunjung diposisikan bak seorang raja. Segala keluhan akan diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Setiap konsumen tentu ingin lebih diperhatikan dari segi pelayanan dan kepuasan. Dengan selalu menciptakan komunikasi dua arah yang baik, membuat para pelanggan loyal senantiasa membeli produk Anda.



Reff : https://projasaweb.com/cara-meningkatkan-omset-penjualan https://www.alona.co.id/bisnis/omset-penjualan