About KnokKnok

KnokKnok adalah aplikasi belanja online yang mempertemukan antara penjual dan pembeli secara onlilne. Semua toko/pelapak yang bergabung di KnokKnok marketplace memiliki toko fisik secara offline, karena toko yang bergabung bersama KnokKnok sudah diverifikasi oleh tim internal KnokKnok. Sehingga pembeli dapat berbelanja secara nyaman tanpa khawatir penipuan.

Untuk toko/pelapak yang bergabung dengan komunitas KnokKnok akan langsung terintegrasi dengan sistem distribusi dan POS (Point Of Sales), jadi toko tidak perlu lagi repot memisahkan antara stok untuk berjualan online maupun offline. Karena sistem distribusi dan POS yang kami Miliki sudah dapat mengelola inventory, Purchase Order, hingga Sales baik online maupun Offline. Segera daftarkan toko anda di komunitas KnokKnok. di link https://backoffice.ibankpos.id/registrasi.do

Syarat & Ketentuan

Selamat datang di www.knokknok.id.

Syarat dan ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Daro Data Teknologi terkait penggunaan situs www.knokknok.id. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.knokknok.id, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan ketentuan. Syarat dan ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT. Daro Data Teknologi. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.knokknok.id

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.knokknok.id, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan ketentuan. Syarat dan ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT. Daro Data Teknologi. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.knokknok.id

1. Definisi

PT Daro Data Teknologi adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.knokknok.id, yakni situs pencarian toko dan Barang yang dijual oleh penjual terdaftar. Selanjutnya disebut KnokKnok

Situs KnokKnok adalah www.knokknok.id

Syarat dan ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Knokknok yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan KnokKnok, serta tata cara penggunaan sistem layanan KnokKnok.

Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan KnokKnok, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs KnokKnok

Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs KnokKnok

Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan buka toko dan/atau melakukan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs KnokKnok.

Barang adalah benda yang berwujud / memiliki fisik Barang yang dapat diantar / memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang.

Saldo Refund adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Pembeli (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan KnokKnok untuk menampung pengembalian dana transaksi (refund) pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk keuangan. Dana ini hanya dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs KnokKnok dan/atau ditarik ke akun bank yang terdaftar.

Saldo Penghasilan adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Penjual, yang disediakan KnokKnok untuk menampung dana hasil penjualan Barang, produk investasi, dan/atau komisi affiliate pada Situs KnokKnok. Dana ini hanya dapat ditarik ke akun bank yang terdaftar dan tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan pembelian pada Situs KnokKnok.

2. Akun

Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum

KnokKnok tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna dalam hal ini adalah pembeli. Untuk Penjual KnokKnok memungut biaya tahunan sebesar Rp 300.000 (Tiga Ratus Ribu Rupiah) yang merupakan biaya pemeliharaan system backoffice perdagangan secara online maupun offline.

Pengguna memahami bahwa 1 (satu) nomor telepon hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) akun Pengguna KnokKnok, dan 1 (satu) email hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1(satu) akun.

pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai Pembeli saja, untuk penjual disarankan langsung menghubungi customer service knokknok di nomor whatsapp 08111096680 untuk tokonya dapat langsung diverifikasi oleh tim knokknok.

KnokKnok tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat dan ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, penghapusan Barang, moderasi toko, penutupan toko, pembatalan listing, suspensi akun, dan/atau penghapusan akun pengguna.

KnokKnok memiliki kewenangan untuk menutup toko dan atau akun Pembeli baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi, pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan KnokKnok. Pengguna menyetujui bahwa KnokKnok berhak melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan pembukaan toko yang baru apabila ditemukan kesamaan data.

Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada sistem KnokKnok, termasuk namun tidak terbatas pada : (i) manipulasi data Toko; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dsb; (v) penambahan produk ke etalase; dan/atau (vi) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi sistem.

Pengguna memiliki hak untuk melakukan perubahan nama toko dan/atau domain toko sesuai dengan kebijakan yang ditentukan oleh KnokKnok. Pengguna harus memastikan bahwa perubahan pada nama toko dan/atau domain toko telah sesuai dengan yang diinginkan dan Pengguna bertanggung jawab secara pribadi atas perubahan nama toko dan/atau domain toko yang dilakukan oleh Pengguna. Pengguna menyetujui bahwa setiap perikatan dan tindakan hukum yang terjadi sebelum perubahan nama toko dan/atau domain toko tetap mengikat Pengguna.

Pengguna memiliki hak untuk melakukan perubahan pada nama akun sebanyak jumlah kesempatan yang disediakan dan KnokKnok berhak merubah jumlah kesempatan perubahan pada nama akun. Pengguna harus memastikan bahwa perubahan pada nama akun telah sesuai dengan yang diinginkan dan bertanggung jawab secara pribadi atas perubahan nama akun yang dilakukan oleh Pengguna. Pengguna menyetujui bahwa setiap perikatan yang terjadi sebelum perubahan nama tetap mengikat Pengguna.

3. Saldo Refund, Saldo Penghasilan

Saldo Refund berasal dari pengembalian dana transaksi (refund) pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk keuangan di Situs KnokKnok dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up). Saldo Refund dapat digunakan sebagai salah satu metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk investasi di Situs KnokKnok, dan dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank yang terdaftar pada akun Pengguna (pembeli).

Saldo Penghasilan hanya berasal dari hasil penjualan Barang, produk investasi, dan/atau komisi affiliate pada Situs KnokKnok. Saldo Penghasilan hanya dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank yang terdaftar pada akun Pengguna(penjual), dan dapat digunakan sebagai metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk investasi di Situs KnokKnok.

KnokKnok memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan Saldo Refund dan Saldo Penghasilan Pengguna apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan KnokKnok.

Untuk penampungan dana terhadap saldo Reund dan atau saldo Penghasilan, KnokKnok bekerja sama langsung dengan payment aggregator iBank.

4. Password dan keamanan

Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.

KnokKnok tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu KnokKnok menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan KnokKnok atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.

Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu KnokKnok jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.

Pengguna dengan ini menyatakan bahwa KnokKnok tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada menyetujui dan/atau memberikan akses masuk akun yang dikirimkan oleh KnokKnok melalui pesan notifikasi kepada pihak lain melalui perangkat Pengguna, meminjamkan akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.

Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan one time password (OTP) maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna.

5. Transaksi Pembelian

Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh KnokKnok. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian KnokKnok akan meneruskan dana ke pihak Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem KnokKnok telah selesai.

Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa:

  • Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
  • Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di Situs/Aplikasi KnokKnok tergantung pada monitor komputer dan layar handphone Pembeli. KnokKnok telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan pada Situs/Aplikasi KnokKnok muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs dan aplikasi KnokKnok akan akurat.
  • Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang.
  • KnokKnok tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Penjual kepada Pembeli.

Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Barang tersebut. Terkait ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Barang kosong, maka penjual akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.

Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Penjual selain melalui Rekening Resmi KnokKnok dan/atau tanpa sepengetahuan KnokKnok (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs KnokKnok atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.

KnokKnok memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Pembeli menyetujui dan memahami bahwa dengan menggunakan Situs/Aplikasi KnokKnok pada saat Pembeli melakukan transaksi pembelian, KnokKnok akan meneruskan data informasi Pembeli kepada Penjual.

Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan metode pembayaran yang dipilih dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. KnokKnok tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pembeli, apabila Pembeli melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.

Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 1x24 jam) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran belum dilakukan oleh Pembeli, KnokKnok memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi tersebut. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.

Pembeli disarankan untuk memeriksa kembali jumlah nominal pembayaran dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran. Pembeli akan mendapatkan pemberitahuan melalui e-mail atau whatsapp Pembeli yang terdaftar pada Situs/Aplikasi, guna melakukan pembayaran kembali ke rekening resmi KnokKnok, sesuai dengan selisih pembayaran yang tertera pada halaman pembayaran dan jumlah nominal yang telah dibayarkan, hingga batas waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi KnokKnok adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain KnokKnok. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.

Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan Barang, setelah menerima kiriman Barang yang dibeli. KnokKnok memberikan batas waktu 4 (empat) hari setelah pengiriman berstatus "terkirim" pada sistem KnokKnok, untuk Pembeli melakukan konfirmasi penerimaan Barang. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pembeli, maka dengan demikian Pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Barang secara otomatis oleh sistem KnokKnok.

Setelah adanya konfirmasi penerimaan Barang atau konfirmasi penerimaan Barang otomatis, maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke Rekening resmi KnokKnok akan di lanjut kirimkan ke pihak Penjual (transaksi dianggap selesai).

Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan Barang adalah bukan menjadi tanggung jawab KnokKnok. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Barang menjadi tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.

KnokKnok berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan KnokKnok adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.

6. Pengembalian dana (Refund)

Pengembalian dana dari KnokKnok kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:

  • Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Barang
  • Masalah pengiriman Barang telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan Barang tidak sampai
  • Penjual tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya,
  • Penjual sudah menyanggupi pengiriman order Barang, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Penjual tidak mengirimkan Barang hingga batas waktu yang telah ditentukan.
  • Penyelesaian permasalahan melalui Customer Service berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pembeli atau hasil keputusan dari pihak KnokKnok

Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Saldo Refund milik pembeli yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana. Jika Pengguna menggunakan pilihan metode pembayaran kartu kredit maka pengembalian dana akan merujuk pada ketentuan bagian terkait Kartu Kredit.

7. Transaksi Penjualan

Penjual dilarang memanipulasi harga Barang dengan tujuan apapun.

Penjual dilarang melakukan penawaran / berdagang Barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan.

Penjual wajib memberikan foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk yang diunggah oleh Penjual dengan produk yang diterima oleh Pembeli, maka KnokKnok berhak membatalkan/menahan dana transaksi.

Dalam menggunakan Fasilitas "Judul Produk", "Foto Produk", "Catatan" dan "Deskripsi Produk", Penjual dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada (i) tidak menerima komplain, (ii) tidak menerima retur (penukaran barang), (iii) tidak menerima refund (pengembalian dana), (iv) barang tidak bergaransi, (v) pengalihan tanggung jawab (termasuk tidak terbatas pada penanggungan ongkos kirim), (vi) penyusutan nilai harga dan (vii) pengiriman barang acak secara sepihak. Jika terdapat pertentangan antara catatan toko dan/atau deskripsi produk dengan Syarat dan Ketentuan KnokKnok, maka peraturan yang berlaku adalah Syarat dan Ketentuan KnokKnok.

Penjual wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak pesanan Barang pihak Pembeli dalam batas waktu 2 hari terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari KnokKnok. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan.

Demi menjaga kenyamanan Pembeli dalam bertransaksi, Penjual memahami dan menyetujui bahwa KnokKnok berhak melakukan moderasi toko Penjual apabila Penjual melakukan penolakan, pembatalan dan/atau tidak merespon pesanan Barang milik Pembeli dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.

Penjual menyetujui dan memahami bahwa dengan menerima data informasi Pembeli yang terdapat dalam Situs/Aplikasi wajib menjaga kerahasiaan dan dilarang menyalahgunakan data informasi Pembeli dalam bentuk apapun. KnokKnok berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan investigasi dan memberikan sanksi terhadap dugaan atau laporan penyalahgunaan data Pembeli.

Penjual diharapkan untuk memasukkan nomor resi pengiriman Barang atau AWB (air way bill) yang valid, yaitu:

  • Tanggal pembuatan resi pengiriman Barang tidak lebih dulu dari tanggal transaksi pembelian Barang
  • Nomor resi pengiriman Barang harus dapat dilacak atau ditemukan pada web situs pelacakan atau sistem jasa ekspedisi rekanan KnokKnok; dan/atau
  • Merupakan resi pengiriman Barang yang memang diperuntukkan untuk pembeli yang akan menerima paket tersebut (detail pengiriman harus sama)

Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid dalam batas waktu 2 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari KnokKnok.

Apabila Penjual memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang invalid atau tidak dapat terlacak, Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid dalam batas waktu 1 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi nomor resi invalid atau tidak terlacak yang diberikan oleh KnokKnok kepada Penjual.

Jika dalam batas waktu tersebut dalam Syarat dan Ketentuan pihak Penjual tidak memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid, maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan. Jika Penjual tetap mengirimkan Barang setelah melebihi batas waktu pengiriman sebagaimana dijelaskan diatas, maka Penjual memahami bahwa transaksi akan tetap dibatalkan untuk kemudian Penjual dapat melakukan penarikan Barang pada kurir tempat Barang dikirimkan.

Penjual memahami dan menyetujui bahwa kurir pengiriman tidak dapat diubah oleh Penjual setelah Penjual melakukan konfirmasi pengiriman dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual.

KnokKnok berwenang untuk membatalkan transaksi dan/atau menahan dana transaksi dalam hal: (i) nomor resi kurir pengiriman Barang yang diberikan oleh Penjual tidak sesuai dan/atau diduga tidak sesuai dengan transaksi yang terjadi di Situs KnokKnok; (ii) Penjual mengirimkan Barang melalui jasa kurir/logistik selain dari yang disediakan dan terhubung dengan Situs KnokKnok; (iii) jika nama produk dan deskripsi produk tidak sesuai/tidak jelas dengan produk yang dikirim; (iv) jika ditemukan adanya manipulasi transaksi.

Penjual memahami dan menyetujui bahwa seluruh Pajak sehubungan dengan transaksi Penjualan (namun tidak terbatas pada perubahan informasi toko dan/atau barang), akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.

KnokKnok berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan KnokKnok adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.

Apabila disepakati oleh Penjual dan Pembeli, penggunaan jasa Logistik yang berbeda dari pilihan awal pembeli dapat dilakukan (dengan ketentuan bahwa tarif pengiriman tersebut adalah di bawah tarif pengiriman awal).

Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.

8. Penarikan dana (Withdraw)

KnokKnok secara langsung bekerja sama dengan iBank sebagai payment Agreggator, dimana Seluruh dana hasil penjualan akan ditampung kedalam rekening penjual di iBank. Rekening iBank Penjual dapat digunakan untuk menampung dana (topup) dan penarikan dana (Withdraw). Waktu untuk topup dapat dilakukan setiap hari dan setiap saat, namun untuk withdraw mengikuti jam kliring bank (Senin-Jumat Pukul 11.00-14.00).

Biaya biaya yang timbul atas penarikan dana dari rekeningiBank Penjual akan menjadi tanggungan dari Penjual.

Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan KnokKnok, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Penjual memahami dan menyetujui bahwa KnokKnok berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Penjual.

Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan penarikan dana dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh pihak KnokKnok

9. Harga

Harga Barang yang terdapat dalam situs KnokKnok adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual. Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan cara apapun.

Penjual dilarang menetapkan harga yang tidak wajar pada Barang yang ditawarkan melalui Situs KnokKnok. KnokKnok berhak untuk melakukan tindakan berupa pemeriksaan, penundaan, atau penurunan konten serta tindakan lainnya berdasarkan penilaian sendiri dari KnokKnok atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.

Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs KnokKnok dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.

Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Penjual. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan harga Barang yang tidak disengaja, Penjual berhak menolak pesanan Barang yang dilakukan oleh pembeli.

Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Penjual dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab KnokKnok.

Dengan melakukan pemesanan melalui KnokKnok, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga barang, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.

Situs KnokKnok untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Barang dalam mata uang Rupiah.

10. Tarif Pengririman

Pembeli memahami dan mengerti bahwa KnokKnok telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun KnokKnok tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat.

Karena itu KnokKnok menyarankan kepada Penjual untuk mencatat terlebih dahulu tarif yang diberikan KnokKnok, agar dapat dibandingkan dengan tarif yang dibebankan di cabang setempat.

Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman Barang adalah di luar tanggung jawab KnokKnok, dan oleh karena itu, adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan pengiriman Barang.

11. Pengiriman Barang

Pengiriman Barang dalam sistem KnokKnok wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang ada di aplikasi KnokKnok yang dipilih oleh Pembeli. Apabila Penjual memasukkan resi di luar dari resi partner rekanan KnokKnok (termasuk di dalamnya resi pengiriman dari kurir luar negeri), KnokKnok berhak untuk menolak resi tersebut; dimana hal ini dapat mengakibatkan dibatalkannya sebuah pesanan.

Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Barang adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman Barang.

Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman barang tersebut dan bertanggung jawab atas setiap Barang yang dikirimkan.

Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Barang oleh penyedia jasa layanan pengiriman Barang adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman

Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengembalian barang, maka Pengguna, baik Penjual maupun Pembeli, diwajibkan untuk melakukan pengiriman barang langsung ke masing-masing Pembeli maupun Penjual. KnokKnok tidak menerima pengembalian atau pengiriman barang atas transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dalam kondisi apapun.

Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa barang hilang, barang rusak, dan lain sebagainya, Pembeli dan Penjual dapat melaporkan ke pihak KnokKnok paling lambat 3x24 jam sejak waktu pengiriman untuk dilakukan proses investigasi.

12. Jenis Barang

Berikut ini adalah daftar jenis Barang dan Jasa yang dilarang dan/atau dibatasi untuk diperdagangkan oleh Penjual pada Situs KnokKnok :

  • Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Psikotropika, dan Undang-Undang Kesehatan. Termasuk pula dalam ketentuan ini adalah obat keras, obat-obatan yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, atau obat yang tidak memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  • Kosmetik dan makanan minuman yang membahayakan keselamatan penggunanya, ataupun yang tidak mempunyai izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
  • Bahan yang diklasifikasikan sebagai Bahan Berbahaya menurut Peraturan Menteri Perdagangan yang berlaku
  • Barang-barang lain yang kepemilikannya ataupun peredarannya melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

13. Ketentuan Lain

Apabila Pengguna mempergunakan fitur-fitur yang tersedia dalam situs KnokKnok maka Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang diatur khusus, Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada syarat dan ketentuan KnokKnok secara umum.

14. Penolakan Jaminan Dan Batasan Tanggung Jawab

KnokKnok adalah portal web dengan model Bisnis to Customer, yang menyediakan layanan kepada Pembeli dan Penjual. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar penjual dan pembeli, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab KnokKnok secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.

KnokKnok selalu berupaya untuk menjaga Layanan KnokKnok aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs KnokKnok memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.

Pengguna setuju bahwa memanfaatkan Layanan KnokKnok atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan KnokKnok diberikan kepada Anda pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".

Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, KnokKnok (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut KnokKnok bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

  • Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan KnokKnok.
  • Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan KnokKnok.
  • Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan KnokKnok.
  • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
  • Kualitas Barang.
  • Pengiriman Barang.
  • Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
  • Perselisihan antar pengguna.
  • Pencemaran nama baik pihak lain.
  • Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.
  • Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi KnokKnok, yang dengan cara apapun mengatas-namakan KnokKnok ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
  • Pengiriman untuk perbaikan Barang yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Pembeli dapat membawa Barang langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur pembelian.
  • Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selain fitur Power Merchant, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan KnokKnok.
  • Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan KnokKnok.
  • Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan KnokKnok.
  • Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam situs KnokKnok yang diduga palsu.
  • Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
  • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna.

15. Pelepasan

Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna, Anda melepaskan KnokKnok (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya , yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari pembelian Barang yang telah dilarang. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.

16. Pilihan Hukum

Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.

17. Pembaharuan

Syarat dan ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. KnokKnok menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat dan ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan KnokKnok, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan.

18. Ganti Rugi

Pengguna akan melepaskan KnokKnok dari tuntutan ganti rugi dan menjaga KnokKnok (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan KnokKnok yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.

Kebijakan Privasi

Adanya Kebijakan Privasi ini adalah komitmen nyata dari KnokKnok untuk menghargai dan melindungi setiap data atau informasi pribadi Pengguna situs www.knokknok.id, situs-situs turunannya, serta aplikasi gawai knokknok (selanjutnya disebut sebagai "Situs")

Kebijakan Privasi ini (beserta syarat-syarat penggunaan dari situs knokknok sebagaimana tercantum dalam Syarat dan Ketentuan dan informasi lain yang tercantum di Situs) menetapkan dasar atas perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penampilan, pengiriman, pembukaan, penyimpanan, perubahan, penghapusan dan/atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang mengidentifikasikan atau dapat digunakan untuk mengidentifikasi Pengguna yang Pengguna berikan kepada KnokKnok atau yang KnokKnok kumpulkan dari Pengguna maupun pihak ketiga (selanjutnya disebut sebagai "Data Pribadi").

Dengan mengklik “Daftar” (Register) atau pernyataan serupa yang tersedia di laman pendaftaran Situs, Pengguna menyatakan bahwa setiap Data Pribadi Pengguna merupakan data yang benar dan sah, Pengguna mengakui bahwa ia telah diberitahukan dan memahami ketentuan Kebijakan Privasi ini serta Pengguna memberikan persetujuan kepada KnokKnok untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menampilkan, mengirimkan, membuka, menyimpan, mengubah, menghapus, mengelola dan/atau mempergunakan data tersebut untuk tujuan sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi.

1. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi Pengguna

KnokKnok mengumpulkan Data Pribadi Pengguna dengan tujuan untuk memproses transaksi Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Situs, serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun data Pengguna yang dikumpulkan adalah sebagai berikut:

Data yang diserahkan secara mandiri oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada data yang diserahkan pada saat Pengguna:

  • membuat atau memperbarui akun KnokKnok, termasuk diantaranya nama pengguna (username), alamat email, nomor telepon, password, alamat, foto, dan informasi lainnya yang dapat mengidentifikasi Pengguna
  • menghubungi KnokKnok, termasuk melalui layanan pelanggan (customer service)
  • mempergunakan layanan-layanan pada Situs, termasuk data transaksi yang detil, diantaranya jenis, jumlah dan/atau keterangan dari produk atau layanan yang dibeli, alamat pengiriman, kanal pembayaran yang digunakan, jumlah transaksi, tanggal dan waktu transaksi, serta detil transaksi lainnya
  • mengisi data-data pembayaran pada saat Pengguna melakukan aktivitas transaksi pembayaran melalui Situs, termasuk namun tidak terbatas pada data rekening bank, kartu kredit, virtual account, instant payment, internet banking, gerai ritel; dan/atau
  • menggunakan fitur pada Situs yang membutuhkan izin akses ke data yang relevan yang tersimpan dalam perangkat Pengguna.

Data yang terekam pada saat Pengguna mempergunakan Situs, termasuk namun tidak terbatas pada:

  • data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi dan geo-location;
  • data berupa waktu dari setiap aktivitas Pengguna sehubungan dengan penggunaan Situs, termasuk waktu pendaftaran, login dan transaksi
  • data penggunaan atau preferensi Pengguna, diantaranya interaksi Pengguna dalam menggunakan Situs, pilihan yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih. Data tersebut diperoleh menggunakan cookies, pixel tags, dan teknologi serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik.
  • data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Situs, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nomor IMEI, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler.
  • data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban (browser), dan/atau situs atau layanan pihak ketiga yang Pengguna gunakan sebelum berinteraksi dengan Situs.

Data yang diperoleh dari sumber lain, termasuk namun tidak terbatas pada:

  • Data berupa geo-location (GPS) dari mitra usaha KnokKnok yang turut membantu KnokKnok dalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam Situs kepada Pengguna, antara lain mitra penyedia layanan pembayaran, logistik atau kurir, infrastruktur situs, dan mitra- mitra lainnya
  • Data berupa email, nomor telepon, nama, gender, dan/atau tanggal lahir dari mitra usaha KnokKnok tempat Pengguna membuat atau mengakses akun KnokKnok, seperti layanan media sosial, atau situs/aplikasi yang menggunakan application programming interface (API) KnokKnok atau yang digunakan KnokKnok.
  • data berupa email dari penyedia layanan pemasaran.

KnokKnok dapat menggabungkan data yang diperoleh dari sumber tersebut dengan data lain yang dimilikinya.

2. Penggunaan Data Pribadi

KnokKnok dapat menggunakan Data Pribadi yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian sebelumnya untuk hal-hal sebagai berikut:

  • Memproses segala bentuk permintaan, aktivitas maupun transaksi yang dilakukan oleh Pengguna melalui Situs, termasuk untuk keperluan pengiriman produk kepada Pengguna.
  • Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan layanan kami, termasuk:
    • menawarkan, memperoleh, menyediakan, atau memfasilitasi layanan marketplace
    • memungkinkan fitur untuk mempribadikan (personalised) akun KnokKnok Pengguna, seperti Keranjang Belanja, Wishlist dan Toko Favorit.
    • melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada situs/aplikasi KnokKnok, seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, melakukan analisis data, pengujian, dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas.
    • Melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi transaksi tersebut.
    • Dalam keadaan tertentu, KnokKnok mungkin perlu untuk menggunakan ataupun mengungkapkan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan dan kewajiban peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan KnokKnok, atau dugaan tindak pidana seperti penipuan atau pencurian data.
    • Memfasilitasi transaksi penggabungan, penjualan aset perusahaan, konsolidasi atau restrukturisasi, pembiayaan atau akuisisi yang melibatkan KnokKnok.
    • Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan Layanan Pelanggan KnokKnok, diantaranya untuk:
      • memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna
      • mengarahkan pertanyaan Pengguna kepada petugas layanan pelanggan yang tepat untuk mengatasi permasalahan
      • mengawasi dan memperbaiki tanggapan layanan pelanggan KnokKnok;
      • menghubungi Pengguna melalui email, surat, telepon, fax, dan metode komunikasi lainnya, termasuk namun tidak terbatas, untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses transaksi maupun proses penyelesaian kendala, serta menyampaikan berita atau notifikasi lainnya sehubungan dengan perlindungan Data Pribadi Pengguna oleh KnokKnok, termasuk kegagalan perlindungan Data Pribadi Pengguna;
      • menggunakan informasi yang diperoleh dari Pengguna untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian produk guna meningkatkan keamanan layanan-layanan pada Situs, serta mengembangkan fitur dan produk baru; dan
      • menginformasikan kepada Pengguna terkait produk, layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terbaru, acara dan informasi lainnya, baik melalui Situs maupun melalui media lainnya. KnokKnok juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan dan memproses kontes dan undian, memberikan hadiah, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan KnokKnok dan mitra usahanya.

3. Pengungkapan Data Pribadi Pengguna

KnokKnok berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali KnokKnok dan menjamin tidak ada pengungkapan, penjualan, pengalihan, distribusi dan/atau peminjaman Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga lain, tanpa persetujuan dari Pengguna, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:

  • dibutuhkan adanya pengungkapan Data Pribadi Pengguna kepada mitra atau pihak ketiga lain yang membantu KnokKnok dalam menyajikan layanan yang tersedia atau layanan yang di kemudian hari akan tersedia pada Situs dan memproses segala bentuk aktivitas Pengguna dalam Situs, termasuk memproses transaksi, verifikasi pembayaran, promosi, dan pengiriman produk.
  • KnokKnok dapat menyediakan Data Pribadi Pengguna kepada mitra usaha sesuai dengan persetujuan Pengguna untuk menggunakan layanan mitra usaha, termasuk diantaranya aplikasi atau situs lain yang telah saling mengintegrasikan API atau layanannya, atau mitra usaha yang mana KnokKnok telah bekerjasama untuk menyelenggarakan promosi, perlombaan, atau layanan khusus yang tersedia pada Situs.
  • KnokKnok dapat menyediakan Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga yang menggunakan dan mengintegrasikan API publik yang disediakan oleh KnokKnok (termasuk namun tidak terbatas pada penyedia layanan mitra usaha KnokKnok) dengan aplikasi atau situs yang dioperasikannya untuk kepentingan penyelesaian transaksi antara Pembeli dan Penjual pada Situs atau tujuan penggunaan Data Pribadi lainnya yang telah disebutkan.
  • dibutuhkan adanya komunikasi antara mitra usaha KnokKnok (seperti penyedia logistik, pembayaran, dan penyedia fitur atau fasilitas layanan lainnya) dengan Pengguna dalam hal penyelesaian kendala maupun hal-hal lainnya.
  • KnokKnok dapat menyediakan Data Pribadi Pengguna kepada vendor, konsultan, mitra pemasaran, firma/lembaga riset, atau penyedia layanan sejenis dalam rangka kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pihak ketiga, peningkatan dan pemeliharan kualitas layanan KnokKnok, serta kegiatan publikasi lainnya.
  • Pengguna menghubungi KnokKnok melalui media publik seperti blog, media sosial, dan fitur tertentu pada Situs, yang mana komunikasi antara Pengguna dan KnokKnok tersebut dapat dilihat dan diketahui oleh khalayak ramai.
  • KnokKnok dapat membagikan Data Pribadi Pengguna kepada anak perusahaan dan afiliasinya untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan data untuk dan atas nama KnokKnok.
  • KnokKnok dapat mengungkapkan dan/atau memberikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka pelaksanaan analisis kelayakan kredit Pengguna.
  • KnokKnok mengungkapkan Data Pribadi Pengguna dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum atau instansi penyelenggara negara yang berwenang.

Sehubungan dengan pengungkapan Data Pribadi Pengguna sebagaimana dijelaskan di atas, KnokKnok akan/mungkin perlu mengungkapkan Data Pribadi Pengguna kepada penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait KnokKnok, dan/atau pihak ketiga lainnya yang berlokasi di luar wilayah Indonesia. Meskipun demikian, penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait dan/atau pihak ketiga lainnya tersebut hanya akan mengelola dan/atau memanfaatkan Data Pribadi Pengguna sehubungan dengan satu atau lebih tujuan sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

4. Pilihan Pengguna dan Transparansi

Perangkat seluler pada umumnya (iOS dan Android) memiliki pengaturan sehingga aplikasi KnokKnok tidak dapat mengakses data tertentu tanpa persetujuan dari Pengguna. Perangkat iOS akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi KnokKnok pertama kali meminta akses terhadap data tersebut, sedangkan perangkat Android akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi KnokKnok pertama kali dimuat. Dengan menggunakan aplikasi dan memberikan akses terhadap aplikasi, Pengguna dianggap memberikan persetujuannya terhadap pengumpulan dan penggunaan Data Pribadi Pengguna dalam perangkatnya.

Pengguna dapat mengakses dan mengubah informasi berupa alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin, daftar alamat, metode pembayaran, dan rekening bank melalui fitur pengaturan (settings) pada Situs.

Sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pengguna dapat menghubungi KnokKnok untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan data Pengguna. Apabila terjadi demikian maka Pengguna memahami konsekuensi bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan layanan Situs maupun layanan KnokKnok lainnya.

5. Keamanan, Penyimpanan dan Penghapusan Data Pribadi Pengguna

KnokKnok melindungi setiap Data Pribadi Pengguna yang disimpan dalam sistemnya, serta melindungi data tersebut dari akses, penggunaan, modifikasi, pengambilan dan/atau pengungkapan tidak sah dengan menggunakan sejumlah tindakan dan prosedur keamanan, termasuk kata sandi dan kode OTP (One Time Password) Pengguna.

Data Pribadi Pengguna juga dapat disimpan atau diproses di luar negara oleh pihak yang bekerja untuk KnokKnok di negara lain, atau oleh penyedia layanan pihak ketiga, vendor, pemasok, mitra, kontraktor, atau afiliasi KnokKnok. Dalam hal tersebut, KnokKnok akan memastikan bahwa Data Pribadi tersebut tetap terlindungi sesuai dengan komitmen KnokKnok dalam Kebijakan Privasi ini.

Walaupun KnokKnok telah menggunakan upaya terbaiknya untuk mengamankan dan melindungi Data Pribadi Pengguna, perlu diketahui bahwa pengiriman data melalui Internet tidak pernah sepenuhnya aman. Dengan demikian, KnokKnok tidak dapat menjamin 100% keamanan data yang disediakan atau dikirimkan kepada KnokKnok oleh Pengguna dan pemberian informasi oleh Pengguna merupakan risiko yang ditanggung oleh Pengguna sendiri.

KnokKnok akan menghapus dan/atau menganonimkan Data Pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali KnokKnok apabila (i) Data Pribadi Pengguna tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya; dan (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Mohon diperhatikan bahwa masih ada kemungkinan bahwa beberapa Data Pribadi Pengguna disimpan oleh pihak lain, termasuk instansi penyelenggara negara yang berwenang. Dalam hal kami membagikan Data Pribadi Pengguna kepada instansi penyelenggara negara yang berwenang dan/atau instansi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan KnokKnok, Pengguna menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Data Pribadi Pengguna oleh instansi tersebut akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing instansi tersebut

6. Akses dan Perbaikan Data Pribadi Pengguna

KnokKnok mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa Data Pribadi Pengguna diproses secara akurat dan lengkap. Namun demikian, penting bagi Pengguna untuk memberi tahu KnokKnok secara tepat waktu tentang segala perubahan pada Data Pribadi Pengguna atau jika ada kesalahan dalam Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali KnokKnok.

Pengguna berhak untuk mengakses atau mengoreksi Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali KnokKnok melalui layanan pelanggan KnokKnok yang tersedia dalam Kebijakan Privasi ini. Namun demikian, permohonan tersebut hanya akan diproses oleh KnokKnok apabila Pengguna telah menyerahkan bukti identitas yang memadai untuk melakukan akses atau koreksi terhadap data tersebut. KnokKnok berhak menolak permohonan untuk mengakses, atau untuk memperbaiki, sebagian atau semua Data Pribadi Pengguna yang KnokKnok miliki atau kuasai jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini termasuk dalam keadaan di mana Data Pribadi tersebut dapat berisi referensi kepada orang lain atau di mana permintaan untuk akses atau permintaan untuk mengoreksi adalah untuk alasan yang KnokKnok anggap tidak relevan, tidak serius, atau menyulitkan.

7. Pengaduan terkait Perlindungan Data Pengguna

Jika Pengguna memiliki kekhawatiran tentang penanganan atau perlakuan KnokKnok terhadap Data Pribadi Pengguna atau jika Pengguna yakin bahwa privasinya telah dilanggar, Pengguna dapat menghubungi KnokKnok melalui layanan pelanggan KnokKnok atau kepada kontak KnokKnok yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini dengan menjelaskan identitas dan sifat keluhan Pengguna.

KnokKnok akan menyelidiki keluhan Pengguna dan berupaya untuk memberikan tanggapan terhadap keluhan tersebut dalam kurun waktu yang wajar setelah menerima keluhan yang disampaikan oleh Pengguna

8. Hubungi Kami

Dalam hal Pengguna memiliki pertanyaan, komentar, keluhan, atau klaim mengenai Kebijakan Privasi ini atau Pengguna ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Data Pribadi miliknya, silakan hubungi layanan pelanggan KnokKnok melalui whatsapp dengan nomor yang tertera di website

9. Penyimpanan dan Penghapusan Informasi

KnokKnok akan menyimpan informasi selama akun Pengguna tetap aktif dan dapat melakukan penghapusan sesuai dengan ketentuan peraturan hukum yang berlaku.

10. Pembaruan Kebijakan Privasi

KnokKnok dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini. KnokKnok menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Situs maupun layanan KnokKnok lainnya, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi.